Sabtu, 19 Januari 2013

Mau Kemana?

Google
Hey temans blogger..
Pertanyaan 'Mau kuliah dimana?' sering menyeruak diantara percakapan sehari-hari. Pertanyaan tersebut semakin sering terdengar ketika masa SMA/K akan berakhir, seperti kita.
Besar kemungkinan kita, sbagai anak SMA yang mau lulus kebingungan menjawab pertanyaan diatas. Kebingungan kita dalam menentukan pendidikan berikutnya selepas SMA. Penyebab utama kebingungan tersebut adalah tidak cukupnya informasi tentang perguruan tinggi. Agar kita tidak kebingungan selepas SMA, maka kita harus mengenali perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia, berikut dibedakan berdasarkan jenisnya :

1. Universitas
Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi yang paling dikenal di Indonesia. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk mengarahkan lulusannya menjadi tenaga profesional siap kerja atau tenaga pendidikan serta peneliti. Universitas terdiri atas beberapa fakultas.
Fakultas adalah bagian dari universitas yang mendidik mahasiswa dalam bidang tertentu. Sebagai contoh, Fakultas Kedokteran mendidik mahasiswanya dalam bidang kesehatan. Dalam satu fakultas umumnya terdapat beberapa jurusan. Misal, Fakultas Ilmu Komunikasi, jurusan umum yang ada didalamnya seperti Public Relation, Broadcasting, Jurnalistik dsb. Salah satu contoh universitas adalah Universitas Padjadjaran.

2. Institut
Institut mempunyai program studi yang beragam. Institut berkonsentrasi pada satu bidang saja. Misalnya Institut Pertanian, hanya mengkhususkan bidang pertanian saja. Meskipun demikian, institut juga memiliki beberapa fakultas. Seperti fakultas pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan. Salah satu contoh institut yaitu IPB Institut Pertanian Bogor.

3. Sekolah Tinggi
Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi atau seni. Jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Misalkan STAN, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, khusus mengajarkan ilmu akuntansi.

4. Akademi
Akademi merupakan lembaga pendidikan yang lebih menekan pada keterampilan praktik kerja dan kemampuan untuk mandiri. Umumnya lama pendidikan di perguruan tinggi hanya 3 tahun. Di perguruan tinggi ini, porsi praktik lebih besar daripada teori. Banyak akademi di Indonesia berstatus kedinasan, artinya akademi itu diselenggarakan oleh dinas pemerintah seperti Akademi Kepolisian (Akpol).

5. Politeknik
Politeknik merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasisa terjun di dunia kerja setelah lulus. Lulusan politeknik diharapkan memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, menpembanpkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sesuai tujuannya, politeknik memberikan pengalaman berupa praktik dan latihan yang memadai. Contoh politeknik adalah Poltekes, Politeknik Kesehatan.
Perguruan tinggi mana yang mau di pilih? Pilihan ditangan kita! Pilihlah sesuai kemampuan diri dan ekonomi..

Sumber : Buku Detik Bahasa Indoesia Ulangan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar