Sabtu, 29 Desember 2012

Tentukan Pilihan Mu Sejak Dini


Google

Hey.. Anak kelas UN udah di depan mata.. Persiapan, udah pasti sedang dijalankan dong.. Setelah UN, lulus SMA, hayo mau kemana??
Okay.. Gue mendapati anak kelas 12 banyak yang galau 'mau kemana' stelah lulus. Ckck.. Kuliah, kerja, atau nikah kah? *ups
Yeah.. Kalau menurut gue sih ga wajar kalau galau menjelang UN. Udah mau lulus, harusnya udah tau dong apa yang mau dilakukan. Masa iya mikir 'mau kemana' setelah lulus. Haduhh.. Telat banget telat..
So, untuk adik adik yang masi SMP.. Kaka saranin untuk tentukan cita cita mu sekarang *sok bijak*. Karena...... Stelah lulus SMP, ada SMA atau SMK.. Nah.. Kedua jenjang sekolah itu yang akan membantu kalian untuk meraih cita cita..
Kalian harus punya cita cita yang mantap sejak SMP. Jadi, kalian udah tau harus milih SMA atau SMK. Jalur pendidikan yang kalian pilih juga harus sesuai dengan minat dan cita cita. Contoh, mau jadi Dokter, di SMA milih IPA, di kuliah milih fakultas kedokteran dong pasti. Jangan melencenggg -_- Banyak banget anak IPA yang ketika kuliah ngambil Akutansi. Yaampun.. Itu kan lapak anak IPS. Nga sejalur. Ga boleh tuh kaya gitu..
Stiap orang kan udah punya jalan masing masing. Kalau emang mau mencapai puncak, jalan aja terus yang lurus, jangan berkelok kelok. Emang di pegunungan?! Hehe..
Kalau kalian mampu meneruskan pendidikan sampai kuliah, yahh ada baiknya ngambil SMA. Di SMA (Tangerang) ada 2 program, IPA dan IPS. Sebenernya kedua program itu sama aja kok. Tapi ada yang bilang, IPS lebih santai daripada IPA. Sebenernya nga juga loh.. Karna di IPS ada akutansi *ups Yah.. Tergantung kalian ngejalaninnyalah. Stelah lulus, kuliah deh.. Tinggal pilih mau ambil jurusan apa. Yang sejalur ya :p
Kalau tiba tiba keadaan ekonomi lagi ga memungkinkan intuk kuliah juga boleh kerja dulu kok, tunda 1 tahun, baru deh kuliah. Tapi harus terima resiko pekerjaan apapun. Karna skil yang dimiliki anak SMA lebih rendah daripada SMK yang memang diarahkan untuk bekerja stelah lulus.
Nah.. Yang mau cepet cepet kerja stelah lulus sekolah, sebaiknya pilih SMK. Karna di SMK kalian belajar sesuai dengan jurusan yang kalian ambil. Misalkan Penjualan, kalian mempelajari ilmu Penjualan lebih dalam dari pada pelajaran Fisika atau Sosiologi. Agar kelak stelah lulus, kalian mungkin bisa jadi seorang wirausaha. Nahh.. Penjualan itulah skill dan modal kalian untuk bekerja. Ditambah lagi pengalaman PKL (semacem magang) kalian ketika skolah. Behh.. Mantep dah untuk kerja.
Seperti itu adik adik.. Hayo pilih mana? Jangan sampe salah pilih dan galau 'mau kemana' ya.. ;)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar