Selasa, 27 Desember 2011

Kebersamaan


Dalam berorganisasi di sebuah kelompok individu, kebersamaan dalam kesatuan itu sangatlah penting. Untuk menumbuhkan sebuah organisasi yang baik, sebuah kebersamaan adalah kuncinya.

Kebersamaan bukan hanya melakukan segala  sesuatu bersama-sama. Itu akan sia-sia jika tidak di balut dengan rasa solidaritas, kekeluargaan, serta saling menghargai dan memahami satu sama lain. Dan, semua akan lebih sia-sia jika di dalam suatu organisasi setiap individunya masih saling menjatuhkan satu sama lain dengan ego yang masih tinggi.


Untuk menimbulkan kebersamaan, kita bisa mulai dari hal yang paling kecil, hingga menjadi sesuatu yang besar. Melakukan sesuatu bersama dengan senang hati, saling memahami perasaan dan kondisi anggota lain, menghargai keputusan dan pendapat masing-masing dan terutama yang paling penting yaitu mengurangi sifat egois, itu hal sederhana yang dapat kita lakukan.

Memang sangat sulit mengurangi sifat egois. Karena, terkadang kita merasa sifat itu sudah sangat di minimalkan, namun pendapat orang lain bertolak belakang dengan kita. Cara satu-satunya hanya berusaha mendengarkan nasehat orang luar. Karena bagaimanapun, orang lebih tau sifat luar kita dari pada diri kita sendiri. Dengan begitu, ada keinginan untuk mengubah sifat itu menjadi lebih baik lagi.

Bisa di bilang, sebuah kebersamaan itu adalah tantangan bagi setiap organisasi. Karena kita tau, setiap individu yang tergabung dalam organisasi manapun mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Dan itu sungguh sulit di satukan jika tidak ada kesadaran diri dari individu tersebut.

Organisasi bukan bukan hanya kumpulan individu yang ingin mencapai tujuan bersama. Organisasi mempunyai visi-misi dan tujuan dari setiap anggota yang disatukan higga menjadi suatu kesatuan yang real. Itu membutuhkan kebersaman yang kuat hingga organisasi itu dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat, misalkan dalam lingkungan sekolah. Dengan begitu, organisasi itu di anggap baik dalam suatu lingkungan tertentu.

Meskipun hanya sebuah organisasi, kita harus tetap menciptakan hungungan yang harmonis layaknya sebuah keluarga. Dengan kebersamaan, suatu organisasi itu akan lebih sangat berarti seperti keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar