Senin, 06 Februari 2012

Jurnalistik


Sumber : Google

Definisi Jurnalistik sangat banyak, namun hakekatnya sama. Para tokoh komunikasi/jurnalistik mendefinisikan arti jurnalistik berbeda-beda.
Jurnalistik secara harfiah, ‘jurnalistik’ (journalistic) artinya ‘kewartawanan’ atau ‘pemberitaan’. Kata dasar ‘jurnal’ (journal) artinya ‘laporan’ atau ‘catatan’. Atau ‘jour’ dalam bahasa Perancis yang artinya ‘hari’. Dalam bahasa Belanda, journalistiek artinya penyiaran catatan harian.

Secara konseptual, jurnalistik dapat dipahami dari 3 sudut pandang:
1. Sebagai Proses, jurnalistik adalah ‘aktivitas’ mencari, mengolah, menulis dan menyebarluaskan informasi kepada publik melalui media massa yang dilakukan oleh wartawan (jurnalis)
2.    Sebagai Teknik, jurnalistik adalah ‘keahlian’ (expertise) atau keahlian (skill) menulis karya jurnalistik (berita, artikel, feature) termasuk keahlian dalam pengumpulan bahan penulisan seperti peliputan peristiwa (reportase) dan wawancara
3. Sebagai Ilmu, jurnalistik adalah ‘bidang kajian’ mengenai pembuatan dan penyebarluasan informasi (peristiwa, opini, pemikiran, ide) melalui media massa. Sebagai ilmu, jurnalistik termasuk dalam bidang kajian ilmu komunikasi, yakni ilmu yang mengkai proses penyimpanan pesan, gagasan dan informasi kepada orang lain dengan maksud memberitau atau memberi penjelasan.
Singkatnya, Jurnalistik adalah proses pembuatan informasi atau berita (news processing) dengan media massa sebagai alat penyebarluasannya.
Jurnalistik termasuk ilmu terapan (applied science) yang dinamis dan terus berkembang sesuai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masyarakat itu sendiri. Namun, jurnalistik memiliki fungsi sebagai pengolahan pelaporan yang menarik minat khalayak. Mulai dari peliputan sampai penyebaran tentang apa yang terjadi di dunia ini baik itu peristiwa secara factual (fact) atau secara pendapat seseorang (opini).
Sumber : Google



Sumber:
1.     Romeltea.wordpress.com
Dasar-Dasar Jurnalistik
2.    Jurnalistikuinsgd.wordpress.com
Penghantar Ilmu Jurnalistik
Oleh : Dian Amalia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar