Sabtu, 22 Oktober 2011

10 Cara Membagi Waktu



1.     Jadikan Waktu Belajar Menjadi Waktu Belajar yang Baik
a.   Siapkan materi sebelum pelajaran di mulai. Jika hanya mempunyai sedikit waktu untuk membaca seluruh materi, banyak-banyaklah bertanya. Ulangi membaca materi secara sekilas agar tidak banyak bengong pada saat guru menjelaskan.
b.  Dengarkanlah dengan serius apa yang di terangkan guru dan cobalahmengulang materi yang baru di dapat dengan gaya bahasa sendiri.

2.         Buat Daftar Harian
a.     Tulislah secara singkat beberapa tugas yang harus di kerjakan, baik urusan pribadi maupun sekolah. Tulis secara berurutan mulai dari yang paling penting hingga tidak penting.
b.  Buatlah tugas rencana kecil yang hendak di lakukan hari ini, misalkan membaca 5 halaman pelajaran Sejarah.


3.         Rencanakan Jadwal Mingguan
a.     Rencanakan jadwal pelajaran mingguan yang berisikan jadwal pelajaran, kegiatan ekstrakulikuler atau les tambahan dan tugas rumah. Tulis semua agar terlihat urutan waktunya. Jangan lupa sisakan baris kosong untuk kegiatan yang mungkin muncul mendadak di kemudian hari.
b.    Usahakan meluangkan waktu untuk belajar semalam, minimal 2 jam untuk pelajaran pertama untuk di sekolah.

4.         Gunakan Waktu Siang Sebaik Mungkin
a.     Di sekolah, baca materi pelajaran sebelum guru masuk kelas. Begitu juga setelah pelajaran selesai. Buatlah ringkasan materi pelajaran kecil yang baru saja di jelaskan guru. Agar lebih mudah di ingat, catatlah di tempat yang mudah di baca.
b.    Utamakan waktu belajar semaksimal mungkin ketika hari masih terang. Usahakan juga mencari tempat yang sunyi atau tidak betisik agar tidak mengganggu konsentrasi.

5.         Buat Kalender Semester Pribadi
a.     Berilah tanda pada kelender dinding atau kalender meja untuk setiap kegiatan tertentu, misalkan tanggal ujian.
b.    Tulislah semua tanggal khusus tersebut beserta kegiatannya dalam kelender kecil yang dapat di bawa-bawa.

6.         Kerjakan Sedapat Mungkin
a.     Jika ada perlengkapan belajar yang tidak di miliki, cari cara lain yang hasilnya sama. Agar tidak jadi alasan untuk jadi penghambat.
b.    Usahakan belajar semaksimal mungkin, sesuai dengan kemampuan.

7.         Konsentrasi dan Fokus
a.     Dalam setiap kegiatan, usahakan untuk tetap fokus dan berkonsentrasi pada kegiatan yang sedang di ikuti, misalkan aktif.
b.    Agar aliran darah tetap lancar, istirahat selama 5-10 menit setiap 30-40 menit kegiatan.

8.         Berjalanlah lurus sesuai jadwal rencana yang sudah di buat. Beranilah berkata TIDAK pada hal-hal yang dapat merusak alur jadwal rencana.

9.         Tetapkan batas waktu untuk segla macam rencana atau cita-cita kecil. Jika berhasil mencapai beri penghargaan atas jerih payah sendiri.

10.  Hargailah diri sendiri dengan membuat rencana jadwal dan cita-cita dengan kondisi pribadi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar