Kamis, 04 Agustus 2011

Sharing Tugas Resensi

Heyyou.. Lama ga nge-post.. Haha.. Bingung sih mau nge-post apaan. Yang bkin tambah males adalah… blog gue jelek banget, ga ada variasi apapun. Ckckck.. Suram dah.. Tapi maklumlah, pengguna baru. Hehe...
Setelah lama mikirin blog yang ga gue urus, akhirnya gue putuskan untuk Sharing Tugas Bahasa Indonesia gue ni. Yahh.. Meskipun bukan ide yang bagus, setidaknya blog gue ga terlalu nganggur. Haha... Haduhh kabanyakan ketawa ni gue. Oke, gue mutusin untuk nge-post tentang tugas ini karena ini tugas Bahasa. Seperti yang kita tau *?Apa?*, cita-cita gue itu jadi Reporter. Ada yang kasi saran ke gue untuk memperdalam ilmu Bahasa, Bahasa apapun itu. Kalau bisa sih beberapa bahasa asing. Tapi nyatanya, bahasa asing yang gue tau selain Inggris, cuma Bahasa Jepang. Itu pun cuma dasar-dasar aja, yang gue pelajarin di sekolah. -_- Yahh ga apa-apalah, seiring berjalannya waktu aja. Hehe.. Oke, cukup basa basinya.
Gue di kasi tugas meresensi buku biografi sama guru gue. Sebenernya tugas kelompok. Tapi karena gue udah pernah baca biografi buku Michael Jackson gue, dengan suka rela gue mau ngerjain resensi sendirian. Selebihnya, temen-temen gue, ngetik dan print doang sih. Saking semangatnya ngerjain resenei tentang MJ (idola gue), gue yakin, kelompok gue, kelompok pertama yang ngerjain resensi. Secara, waktunya 2 minggu, lama banger kan, sedangkan gue ngerjain setelah di beri tugas. Rajin kan gue? Haha...



Okey, singkatnya, Resensi ialah pertimbangan atau penilainan terhadap sebuah buku.
Adapun yang harus di tulis oleh resensator dalam resensinya adalah:
Idenitas buku, yang berisi : judul, penulis, penerbit, tahun terbit, edisi, jumlah halaman, panjang, lebar, gambar jilid, warna jilid dan harga buku.
Ikhtisan/ sinopsos/ abstraksi isi buku.
Pembahasan unsur interistik dan eksteristik (jika yang di resensi buku fiksi)
Penilaia atau pertimbangan buku : Keunggulan -> berkaitan dengan luas,dan dalamnya materi buku, pakah berdampak posotif atau sebaliknya, bermanfaat atau tidak dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku atau tidak. Dan Kelemahan buku tersebut.
Kesimpulan dan rekomendasi : kesimpulan materi buku, apakah buku tersebut baik atau tidak dan bermanfaat atau tidak lalu di sertai alasan yang logis.

MANFAAT RESENSI :
Memberi tahu masyarakat/pembaca, apakah buku tersebut bermanfaat atau tidak.
Mengekspos penulis bila buku tersebut di nyatakan baik oleh resensator.
Mengekspor penerbit, sehingga buku tersebut laku di pasaran.
Yahh.. begitulah materi yang gue dapet tentang Resensi dari Guru gue. Sekarang, langsung aja liat hasil resensi gue :
Judul                      : The ‘King of Pop’ Michael Jackson
Pengarang                : Gozzie Pranaja
Penerbit                  : bio Pustaka
Tahun Terbit           : 2009
Tempat Terbit         : Yogyakarta
Tebal                      : 224 Halaman
Panjang Buku            : 19 cm
Lebar Buku              : 13 cm
Gambar Jilid           : Wajah Michael Jackson
Harga                      : Rp. 40.000
Warna Jilid             : Warna dasar hitam, judul buku warna putih dan merah

Siapa yang tidak tahu Michael Jackson (1958-2009), Sang Mega Bintang The King of Pop Dunia. Banyak sekali hal yang tidak kita ketahui tentang MJ (singkatan nama Michael Jackson). Kita tahu, banyak orang yang menyukainya, tapi ada juga orang yang tidak menyukainya. Terkadang, orang menilai MJ dari sisi luar saja, tanpa mengetahui sisi dalam dari MJ. Yah… MJ memang terkenal “aneh”, karena wajahnya yang beberapa kali berubah melalui operasi plastik, aksi panggungnya yang tidak biasa, serta segala kontroversial kasus-kasus yang di terima dan dihadapinya. Mungkin karena hal tersebutlah yang membuat banyak penilaian untuk MJ. Tapi, semua itu tidak akan mengubah pandangan para fans fanatiknya. Mereka akan selalu men-support MJ, bahkan hingga MJ meninggal. Tidak bisa di pungkiri, bahwa “Dunia menangisi kepergian Michael”.
Untuk sebagian orang, ada yang menganggap  hal tersebut itu “tidak baik”, maka dari itu mereka menyebut “aneh”.  Tetapi, terlepas dari semua itu, MJ adalah musisi yang patut di contoh. Dia seorang penyanyi yang sangat hebat. Melalui lagu-lagunya, dia mencurahkan isi hatinya terhadap semua yang dia lihat, terutama kerusakan pada bumi kita ini. Dia sangat menyayangkan ulah manusia yang tidak dapat memanfaatkan segala sesuatu yang ada dibumi dengan baik, itu sebabnya dia menulis lagu “Heal The World”, lagu kebanggaannya.
Selain itu, MJ juga sangat perduli dengan keadaan ekonomi orang disekitarnya. Tidak tanggung-tanggung, MJ langsung terjun untuk membantu orang-orang yang tidak mampu dan memberi motivasi pada orang yang sekarat. MJ juga pernah memberikan semua uang hasil penjualan lagunya, “We Are The Words” (yang dinyanyikan beberapa artis papan atas Amerika pada saat itu, Billy Gilman salah satunya) untuk disumbangkan.
MJ merupakan orang yang sangat berpengaruh bagi sebagian orang di dunia ini, bahkan artis sekalipun. Banyak artis-artis terkenal sekarang ini yang terinsfirasi olehnya, mulai dari style pakaiannya hingga aksi panggungnya yang menakjubkan. Padahal semua itu terlihat sangat sulit.
Dibuku ini, kita akan mengetahui hal-hal yang tidak diketahui publik tentang  MJ. Akan dijelaskan riwayat hidup MJ sejak lahir hingga meninggal. Kita akan tahu keadaan keluarga Jackson, perjalanan karier MJ, keluarga kecil MJ (bersama Lisa dan Debie serta anak-anaknya) dan semua kasus kontroversial tentangnya yang menarik untuk diikuti, semua aset-aset harta yang di milikinya, persiapan konser Come Back terakhirnya yang di beri judul “This Is It”, hingga detik-detik kepergiannya. Kebaikan, kajahatan bahkan kelucuannya pun akan ada di buku ini.
Kemampuan pengarang dalam menerjemahkan kata-kata yang rumit menjadi mudah dimengerti cukup baik. Sangat banyak cerita yang tidak kita ketahui membuat pembaca akan penasaran dengan semua isi buku ini. Karena buku ini cukup lengkap untuk menetahui sifat dan sikap asli MJ. Buku ini juga dilengkapi dengan album serta lirik lagu MJ, itu merupakan nilai plus untuk buku ini. Pengarang juga menjabarkan situs-situs yang di lihatnya untuk memperoleh informasi tentang MJ. Jadi kita dapat melihat situs tersebut jika masih ada informasi yang kurang. Dan buku ini juga harganya standar, tidak mahal, tapi tidak murah juga.
Isi buku ini di dapat dari berbagai sumber, jadi kata-kata yang ada sedikit tidak beraturan. Meskipun begitu, kami yakin hal itu tidak akan mengurangi keingintahuan kita tentang MJ.
Jadi, dengan adanya buku ini kita dapat mengetahui MJ lebih dalam. Dan kami rasa buku ini layak dibaca, karena di dalamnya banyak informasi positif yang kita tahu tentang MJ yang wajib dicontoh. Dengan begitu kita bisa menilai MJ dari dalam juga, tidak hanya menilainya dari luar. Karena itu, bacalah biografi tentang MJ ini dan nikmatilah.
Oke, materi dan contoh udah gue tulis. Mungikn ada kekurangan dan yang membaca blog gue ini bisa kasi tau dimana letak kesalahan gue. So, gue bisa bekerja lebih baik ini. Yyaa.. kita saling mengoreksi aja. Oke, bertemu lagi minggu depan.. Dadahhh... *apa banget. Haha..*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar