Rabu, 17 Agustus 2011

17 Agustus 2011

-->
17 Agustus, biasanya SMA N 9 Tangerang selalu mengadakan pengibaran di sekolah. Tapi gak untuk tahun ini. Tahun ini, guru-guru di undang untuk upacara di Kecamatan, jadi ga ada pengibaran :( sedih banget sebenernya. Apalagi melihat calon paskibra (capas) gue yang udah gue latih tiap hari untuk ngibarin dengan susah payah.
Awalnya, sekolah minta untuk ada pengibaran, tapi pada hari gue mau nyelesain proposal, sekolah kasi surat ke Ketua Umum paskibra kalo pengibaran di batalin. Kecewa banget denger berita itu, gue kasian sama capas yang udah latihan tiap hari, meluangkan waktunya dan mengorbankan segalanya di bulan puasa ini hanya untuk 17an.
Sebenernya, bisa di bilang harusnya gue bersyukur karena emang persiapan belum matang banget padahal waktunya udah H-5. Karena berbagai masalah di PasNine (paskibra 9). Tapi gue ga bisa kaya gitu, bener-bener nyesek rasanya.
Pada saat di kasi pengarahan secara langsung oleh senior, capas ada yang ga terlalu terlihat mikirin banget. Tapi ternyata di FB mereka bilang kecewa banget ga jadi ngibarin, gue langsung komen status mereka dan memberi penjelasan sejelas-jelasnya lagi. Gue dan temen seangkatan gue coba untuk dekatin mereka, ambil hati mereka agar mereka merasa nyaman di paskibra dan agar terjalin komunikasi yang baik antara kita. Gue ga mau hal-hal yang gue dan angkatan gue alami di alami juga sama capas gue. Pokonya, kami akan melatih capas kami sebaik mungkin.
Karena pengibaran di batalkan, acara selanjutnya di agenda tahunan PasNine itu buka bersama. Jadi kita lagi fokus banget ke hal itu. Meskipun mungkin nantinya acara yang kami buat ga meriah, tapi kami harap acara itu akan membuahkan kenangan.
Lanjut ke masalah 17an. Anggota paskibra yang masi aktif di sekolah di undang untuk datang ke upacara penurunan di Kecamatan. Tapi gue ga dateng, karena lokasi yang jauh dan keadaan yang ga memungkinkan, hhmm.. Ada masalah pribadi juga sih.
Paginya, gue liat upacara pengibaran di Ahmad Yani tingkat Kota bersama 1 senior (bang Ikbal), 1 teman (Fitri) dan 2 orang capas (Desi dan Rere). Gue dateng lebih dulu, karena  takut bingung mau ngapain nantinya kalo udah di Ahmad Yani, gue putusin untuk nunggu mereka. Lumayan lama gue nunggu, terus bang Ikbal lewat dan ngajak masuk, tapi gue bilang aja nunggu capas, jadi dia junga ikut nunggu deh. Setelah beberapa menit, yang di tunggu dateng juga, dan kami pun langsung menuju lapangan upacara.
Ternyata, upacara udah di mulai. Kami telat :(, Sang Merah Putih udah naik setengah tiang. Temen kita, Hashi ada di pasukan itu, bangganya… :) Setelah lagu selesai, semua ornag di buat kaget. Kejadian yang pasti tidak di ingikan dan ga pernah gue bayanagin terjadi……… Bendera ga naik sampe ujung tiang :(. Bener-bener ga pernah terduga. Kita langsung berharap kalau itu karena talinya yang mecet dan memikirkan hukuman yang akan mereka terima. Tapi harapan kami sia-sia karena senior kami, bang Feri sms bang Ikbal, katanya emang yang pengereknya ngerek talinya kurang dan ga sesuai dengan lagu. Semua pasukan udah keluar, yang tersisa hanya pasukan 3 nya saja. Awalnya kami ga tau mereka mau apa, dan kami kira mereka sedang di hukum (di jemur). Tapi ternyata mereka tetap di sana untuk membenarkan Sang Merah Putih. Mungkin kejadian itu membuat mereka down. Terbukti dengan ketidakompakan mereka pada saat membenarkan posisi bendera. Ada yang kecepetan dan ada yang kelamaan, setelah itu mereka keluar dari lapangan dan upacarapun di lanjutkan.
Setelah selesai upacara, mereka foto-foto. Rasanya mau nemuin rekan kami, tapi ga bisa :(, Cuma dapet fotonya aja. Kami dapet kabar kalo yang di Kecamatan Cipondoh juga mengalami hal yang sama dengan yang di Kota. Kalo untuk yang di Kecamatan Pinang, ga ada kabar. Terus kami pulang deh…
Setelah liat upacara di Kota, tinggal lanjut liat yang di Istana Negara. Uuhh… Dag dig dug… Jadi takut kalo benderanya ga nyampe atas tiang. Upacara di Istana Negara di mulai, sama seperti upacara sebelumnya. Keren banget, sumpahh… Pembawa bakinya itu lho… Senyumnya… Ga nahan. Ihihihhhi… Alhamdulillah upacara di Istana berlangsung dengan lancar. Tinggal menunggu untuk penurunannya ajaaa :)
Di hari kemerekaan ini, pasti banyak tempat-tempat yang ngibarin bendera dan ada bendera dimana-mana. Gue liat di berita banyak banget daerah-dareah yang memperingati HUT RI ke-66, ini merupakan hal yang baik. Tapi, ada juga hal yang harusnya tidak di lakukan. Di beberapa daerah, pada saat bendera sedang di naikan para PNS mengikuti upacara dengan ‘asal dateng’ saja, banyak PNS yang acuh saat bendera sedang di naikan, bahkan ada yang asik ngobrol dan duduk dengan alasan sakit atau tidak kuat. Sungguh hal yang memalukan. Seorang PNS, harusnya lebih tau makna upacara ini dan lebih menghormati. Tapi pada kenyataannya, mereka benar-benar acuh. Menurut gue, dengan sikap mereka yang seperti itu, berarti mereka ga menghargai para pahlawan Indonesia yang sudah berjuang mati-matian untuk mendapakan kemerdekaan ini. Di daerah lain, ada para pelajar yang tauran sehabis upacara bendera karena kesalahpahaman. Benar-benar memalukan.. DIMANA KEPEDULIAN KALAIAN???
Rasanya ga akan ada habisnya kalo ngomongin masalah masyarakat Indonesia yang seperi itu. Yang jelas, gue bener-bener nunggu banget upacara penurunan. Dan Alhamdulillah gue bisa liat penurunan di Kota, meskipun telat banget, tapi sepertinya beralan lancar, Amin... Setelah melihat keadaan, langsung meluncur pulang liat yang di Istana, seperti yang di Kota... Telatttt -_- ga apa-apa, yang peting bisa liat keduanya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar