Jumat, 11 Mei 2012

Curhatan Anak Kecil

Bingung deh sama sikap dan sikap orang dewasa. Gue bilang sih, orang dewasa banyak maunya. Mereka mau dihormati, tapi ga bisa hormati kita sebagai yang lebih muda. Mau dimengerti, tapi ga mau mengerti kita. Mau diturutin, tapi ga ngerti batasan. Dan masih banyak lagi kemauan mereka. Trus, kita yang kecil dapet apa dan harus gimana??
Coba deh pikir, setidaknya kita sebagai yang lebih muda udah berusaha semampu kita kan untuk turutin mau mereka, nga tanpa perjuangan, tapi dengan amat sangat perjuangan. Tapi mereka nga tau perjuangan kita yang sesungguhnya, yang ga terlihat mata mereka, ya kan?
Kita kurang mengerti apa lagi?? Menghormati pasti, menuruti pasti, kurang apa lagi? Heyy… Cobalah liat dengan seksama perjuangan kami, lihat dengan mata hati bukan bukan “mata telanjang”.. Kami udah berusaha banget mengerti kalian, nga membuat kalian marah, kecewa dsb. Selebihnya, mungkin itulah kekurangan kita, tolong maklumi..
Kita juga mau dimengerti, seperti kita mengerti kalian. Kita ngak minta macem-macem. Hanya minta pengertian, disaat kami ga bisa melakukan yang kalian pinta dimengerti, ditanya kenapa. Saat kami salah diberitau dengan nasehat yang membangun, bukan menjatuhkan. Disaat kami terpojok ada yang menyemangati. Itu ajaaa.. Nga lebih.. Gue pikir, kita sebagai yang lebih muda memang seharusnya mendapatkan ketiga hal kecil itu tanpa diminta. Yaaa.. Kewajiban merekalah…

Mengertilah, sakit hati kami mendengar amarah kalian ketika kami salah. Padahal, dibalik kesalahan itu ada segelintir perjuangan yang ga mudah. Tanpa kalian tau, kami udah berusaha semaksimal mungkin untuk jadi yang kalian mau. Dengan adanya amarah terhadap kami dari kalian, tanpa tau perjuangan kami, justru itu menimbulkan pemikiran negatif dari kami terhadap kalian.
Kalian menyuruh kami untuk tidak seperti itu, tapi kalian melakukan itu. Kalian menyuruh kami harus melakukan ini, tapi kalian ga melakukan ini. Heey.. Trus kami harus gimana?? Kebanyakan anak muda mencontoh yang lebih dewasa. Kalian aja ga bisa mencontohkan yang baik, gimana kami bisa lebih baik dari kalian? Darimana kami mendapatkan contoh untuk menjadi seperti yang kalian mau.
Gua pikir sih sebenernya orang dewasa yang harus lebih banyak mengerti kita. Karenaa, mereka pernah muda, pastinya mereka sudah pernah merasakan apa yang kita rasakan sekarang. Ingin dimengerti, kecewa, merasa terpojok, serba salah dsb. Ya kan?? Sedangkan kita wajar nga terlalu jelas mengerti mereka, nga tau apa yang mereka mau, karna kita ga pernah berada diposisi mereka. Tapi apa? Nyatanya malah orang dewasa yang meminta lebih dari yang muda.
Sadarlah, kita harus saling mengerti. Kami udah melakukan yang kalian mau. Jika ada kekurangan, pasti ada kendala. Harusnya kalian mengerti ituu.. Kami cape selalu salah dimata kalian. Sedangkan untuk mengungkapkan perasaan kami terhadap kalian, itu butuh nyali yang cukup besar dan penggunaan kata kata yang tepat agar tidak salah paham. Mengertilah..
Gue pribadi sih bukan orang yang tinggal diam menerima celaan, kritikan yang pedas, amarah orang lain dsb yang ga bener tentang gue. Bukannya nga mau terima, tapi apa daya kalo emang hal itu nga tepat. Kalo emang gue ga suka, akan gue sangkal, siapapun orangnya. Itu karena gue merasa benar, dalam arti gue lagi membela diri.
Gue sih Cuma bias bilang untuk anak muda yang menghadapi orang dewasa, orang tua sekalipun. Kalo emang merasa bener, ga usah takut. Asalkan hal yang kita perjuangkan ada buktinya, perjuangan dan kata-kata, itu cukup. Tapi tentunya, masi dalam batasan hormat pada yang lebih tua. Oookkaaayyy….   http://static.ak.fbcdn.net/images/blank.gif


With love,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar